Perangkat Lunak Pendidikan Indonesia

Thursday, November 30, 2017

Penjelasan Singkat Perbedaan CPM dan CPC pada Iklan


esNesia - untuk apa mengetahui perbedaan CPM dan CPC ? tentu jawabannya adalah agar Anda bisa membedakan dan Anda bisa mengambil keputusan bila Anda ingin menjadi publisher sebuah iklan yang Anda diperbolehkan memilih pakai CPM atau CPC seperti situs penyedia iklan Zoteromedia.com.
Penjelasan Singkat Perbedaan CPM dan CPC pada Iklan
Perbedaan CPM dan CPC

Baiklah ikuti penjelasan berikut ini :

CPM (Cost per Mille)

Mille artinya seribu, jadi CPM adalah dibayar per seribu.

Dalam dunia periklanan memiliki arti advertiser arau pengiklan akan membayar per 1000 tampilan iklan (impresi) dari setiap iklan yang disematkan pada website/blog.

Besarannya mulai $0,1 – $25 atau bahkan lebih, tergantung pihak pengiklan misal google, dll.

Contoh. Anda mengikuti program dengan nilai $5 CPM untuk ditampilkan di bagian atas situs/blog Anda. Kemudian Anda memasangnya di blog Anda dan mendapatkan 100.000 impresi sebulan,

Rumusnya :
Pendapatan = CPM x (total impresi / 1.000)

maka $5 x 100 = $500.


CPC (Cost per Click) 

Dalam bahasa Indonesia adalah dibayar perklik.

CPC juga dikenal dengan PPC (Pay per Click) Publisher akan menerima sejumlah uang dari advertiser dengan nilai yang bervariasi, antara $0,1 – $50 atau lebih, tergantung dari niche, kompetisi keyword, dan darimana klik tersebut berasal.

Rumusnya adalah sederhana:

Pendapatan = CPC x jumlah klik

Jika CPC blog sebesar $0,1 dan Anda mendapatkan sebanyak 1000 klik per bulan, maka penghasilan Anda sebesar $0,1 x 1000 = $100.


Itulah penjelasan mengenai perbedaan CPC dan CPM dengan penjelasan yang singkat ini mudah mudahan dapat memberikan penjelasan buat Anda..

0 comments:

Post a Comment